Pengertian organisasi merupakan sekumpulan orang-orang
yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan
bersama, Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih, atau
organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama,
organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja
antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk
bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
Manajemen dan Organisasi
Manajemen
adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia.
Rumusan tersebut mengandung pengertian adanya hubungan timbal balik antara
kegiatan dan kerjasama disatu pihak dengan tujuan di pihak lain.
Untuk dapat mencapai tujuan tersebut maka perlu dibentuk
suatu organisasi yang pada pokoknya secara fungsional dapat diartikan sebagai
sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerjasama yang efisien untuk
mencapai tujuan. Sehingga dapat dikatakan bahwa fungsi organisasi adalah
sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan. Jadi, dalam rangka manajemen
maka harus ada organisasi, demikian eratnya dan kekalnya (consistency) hubungan
antara manajemen dan organisasi.
Manajemen dan Tata Kerja
Tata Kerja atau metode adalah merupakan suatu cara bagaimana
sumber-sumber dan waktu yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan sebaik dan
semaksimal mungkin serta tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat
dilaksanakan dengan baik dan tepat pula hasilnya.
Dengan tata kerja yang tepat dan baik, dapat mengandung arti
bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan
praktis.
Fungsi tata kerja :
1. Menjamin adanya pembagian waktu
kerja dan koordinasi yang tepat.
2. Menghindari terjadinya pemborosan
waktu yang tersedia.
3. Menghindari hambatan dalam proses
pencapaian tujuan.
Di
dalam struktur manajemen yang menjelaskan bahwa harus ada proses kegiatan dan
penggunaan sumber daya yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi
tercapainya suatu tujuan yang pastinya ingin dicapai dengan sempurna. Kemudian
tata Kerja menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilakukan sesuai
dengan sumber daya yang ada dan tersedia.
Dan
dari hasil penjelasan diatas, maka daat disimpulkan bahwa organisasi,
manajemen, dan tata kerja saling berkaitan atau berhubungan satu sama lain.
Manajemen yang merupakan suatu proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja
sama antar manusia. Untuk melaksanakannya yang diperlukan organisasi sebagai
tempat unuk menampung atau alat untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai
tersebut. Kemudian untuk mengetahui bagaimana kegiatan kerja sama tersebut sebaiknya
dilakukan, maka juga dibutuhkan Tata Kerja atau metode untuk mencapainya dengan
efisien dan tepat.
Manajemen, Organisasi dan Tata Kerja
Hubungan Timbal Balik Antara Manajemen, Organisasi dan Tata Kerja (Metode) :
Jika ada manajemen, organisasi dan metodenya dilakukan dengan kerjasama yang baik, pemanfaatan sumber-sumber dan waktu yang ada dapat dilakukan secara tepat dan lebih terordinir sesuai dengan proses kegiatan yang ditetapkan maka untuk mencapai tujuan akan dapat hasil yang lebih efsien dan efektif serta lebih maksimal. Karena ketiganya jika dilakukan sesuai dengan tugasnya maka hubungan timbal balik itu akan saling menguntungkan untuk ketiganya.
Hubungan Timbal Balik Antara Manajemen, Organisasi dan Tata Kerja (Metode) :
Jika ada manajemen, organisasi dan metodenya dilakukan dengan kerjasama yang baik, pemanfaatan sumber-sumber dan waktu yang ada dapat dilakukan secara tepat dan lebih terordinir sesuai dengan proses kegiatan yang ditetapkan maka untuk mencapai tujuan akan dapat hasil yang lebih efsien dan efektif serta lebih maksimal. Karena ketiganya jika dilakukan sesuai dengan tugasnya maka hubungan timbal balik itu akan saling menguntungkan untuk ketiganya.
Eratnya hubungan atau hubungan
timbal balik antara ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut :
- Manajemen : proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
- Organisasi : alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja sama.
- Tata Kerja : pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Dari konsep tersebut, jelaslah bahwa
baik manajemen, organisasi maupun tata kerja ketiganya diarahkan kepada
tercapainya tujuan.
Sumber:
http://hamzahsy.blogspot.com/2012/10/hubungan-manajemen-organisasi-dan-tata.html
sama-sama
BalasHapus